Kamis, Juli 09, 2009

Poetry of Abu Nawas

Syair Abu Nawas
Oleh: A Khudori Soleh
Dinukil dari Abdus tentang Abu Nawas. Ia berkata; “Aku masuk menemui Abu Nawas ibn Hasan ibn Hani’, saat-saat kritis menjelang kematiannya. Aku bertanya padanya, ‘Bagaimana keadaanmu Abu Nawas?’. Ia menjawab dengan syair berikut”.
Maha Suci Tuhan
yang telah menciptakan mahluk
dari sesuatu yang lemah
lagi hina
Yang telah mengirimkannya
dari suatu tempat
ke tempat lain
yang kokoh

Yang merubah
sedikit demi sedikit
dalam hijab
bukan dalam pandangan
Sampai sama
gerakan-gerakan mahluk
dari kondisi diam
***
Cukuplah menjadi peringatan bagimu
kuburan-kuburan bisu
juga perjalanan zaman
yang samar
Kerapuhan dan cobaan
berbicara dari segala sisi
dari contoh-contoh
yang tertutup
Perhatikan kuburanmu
diantara kuburan-kuburan
saat dirimu masih hidup
sebelum mati
Terkadang kegembiraan-kegembiraan
terbalik
berganti kekecewaan
menimpa umat
***
Hai Abu Nawas...
berfikirlah
bertahanlah
bersabarlah
Perjalanan waktu
memberimu kesedihan
juga kesenangan
yang lebih banyak
Hai yang banyak dosa
ampunan Allah
atas dosa-dosamu
lebih agung
Banyaknya maksiat
dalam keagungan ampunan Allah
menjadi kecil
***
Teruslah bersama Allah
Dia akan bersamamu
bertaqwalah pada Allah
semoga Dia memberimu kebaikan
Jadikan dirimu
orang yang mempersiapkan diri
pada kematian
maka, hendaknya demikian
Sungguh, kematian
mempunyai panah
yang mengenai selainmu
atau juga kamu
Kita semua
berjalan
diantara sebab-sebab diam
dan gerak
***
Hai pemikir...
yang melihat dengan mata tertutup
hai saksi-saksi hari kemarin
yan tidak pernah menyaksikan sendiri
Nafsumu memberimu kesesatan
tapi kamu mengabaikannya
menuju jalan kematian
tanpa kau perhatikan
Kau capai dosa demi dosa
tapi kau harapkan sorga
dengan dosa-dosamu
kamu ingin pula kebahagiaan
Kamu lupa
Allah mengeluarkan Adam dari surga
turun ke dunia
hanya dengan satu kali dosa
***
Rasa sakit merayapiku
dari bawah dan atas
aku saksikan kematianku
sebagian demi sebagian
Hilang sudah
kerajinanku mengikuti nafsu
mengingatkan aku akan Tuhan
dengan ketaatan yang lemah
Sungguh..
aku telah melakukan segala kejahatan
maka, maafkan aku Tuhan
maafkan...
***
Sungguh,
tidak aku kumpulkan pemberian-pemberian
tidak pula aku tangkap
rambut dan bulu yang lusuh
Para khotib
memberikan cita-cita
akupun berangkat ke suatu negara
menuju negara lain
Bila tidak kepada Tuhan
kamu gantungkan cita-cita
jangan kamu berjalan
mengharap pada seseorang
***
Syair hidup mendatangimu
dari kata-kata orang mati
menjadikan suatu tempat
diantara hidup dan mati
Bila kamu memikirkan aku
dan kau lihat wajahku
tidak akan kamu temukan kecondongan
dari contoh sketsaku
Nafas telah menjadi ribut
badan menjadi kurus
penyakit-penyakit membakar
hingga tua renta
***
Wahai Tuhan...
bila dosa-dosaku banyak
sungguh aku tahu
ampunan-Mu jauh lebih agung
Aku mohon kepada-Mu Tuhan
dengan segala kerendahan hati
bila Engkau menampik kedua tanganku
kepada siapa aku minta kasih sayang
Bila tidak ada yang boleh mengharapkan-Mu
kecuali hanya orang-orang yang baik
maka kepada siapa mesti mengharap
orang-orang yang berdosa
Aku tidak mempunyai wasilah pada-Mu
kecuali harapan
dan keindahan ampunan-Mu
aku berserah diri

Tulisan-tulisan yang lain dapat dilihat dalam document scribd. Untuk mengaksesnya, klik disini

5 komentar:

Irfan Melodic Jumat, Juli 10, 2009  

Weh, enak dibaca ini syairnya, Pak. Tapi arti "maudzoh" apa Pak?

Eh, ane ada posting baru, Pak. Mohon komentar ente di situ yaw? Thank you

Best regards,

Irfan Melodic Nugroho
http://melodic-4.blogspot.com
http://news-fact.blogspot.com

Kampus Pendidikan Sabtu, Juli 11, 2009  

Kita kelak bikin syair apa ya?

Saya baru tertutup, belum kepikira kapan mau perbaikan. Maklum lagi banyak kerjaan... Salam

Irfan Melodic Senin, Juli 13, 2009  

Assalamualaikum pak Khudori... GImana kabar? Sehat kan?

Eh, di tempat aye ada postingan baru, Pak... datang dan komentar yaw? Thank you :)

Best regards,

Irfan Melodic Nugroho
http://melodic-4.blogspot.com
http://news-fact.blogspot.com

Lembaga Pelatihan Senin, Juli 13, 2009  

Komentar untuk blog anda ...opini aza yah... takutnya disangka sok pinter..!! Blognya bagus sekali kontennya juga sangat kaya dan bermutu...!!
Tag verififikasi belum ada, Saya juga mencari Shouthbox...?
Trus blog anda dah saya cantumkan di Facebook-Blogger Blogwalking ini linknya :
http://www.facebook.com/topic.php?uid=128003911998&topic=9457
Trims.

Roshi Senin, Juli 20, 2009  

Puisi nya bagus, tapi agak ga mudeng juga sich...hehehehe, bercerita tentang apa yach ?

Popular Posts

Guestbook Slide

Family Album

My Published Books

  © Blogger templates Islamic Philosophy by A Khudori Soleh Juni 2009

Back to TOP